Makalah Mouse/Tetikus

žPENDAHULUAN

LATAR BELAKANG

Mouse, merupakan perangkat yang sudah tidak asing lagi bagi setiap pengguna perangkat komputer. Mouse merupakan satu kesatuan komponen sistem dalam komputer. Sejak pertama kali ditemukan mouse sudah mengalami banyak perkembangan. Melihat banyaknya perkembangan mouse maka ditulislah makalah ini.

RUMUSAN MASALAH

–        Bagaimanakah Sejarah, Definisi dan Fungsi Mouse ?

–        Apa saja  komponen mouse ?

–        Bagaimanakah sistem kerja mouse ?

–        Apa saja kekurangan dan kelebihan dari setiap generasi mouse?

TUJUAN

ž-   Mengetahui definisi, sejarah dan fungsi mouse.

ž-   Mengetahui komponen-komponen penyusun mouse.

ž-   Mengetahui bagaimanakah sistem kerja mouse.

ž-   Mengetahui apa saja kekurangan dan kelebihan dari setiap generasi mouse.

BATASAN MASALAH

žHanya dibahas mengenai komponen penyusun mouse standar seperti yang sering dijumpai di kehidupan sehari-hari. Hanya dibahas  mengenai mouse bola, mouse optik, dan mouse laser.

PEMBAHASAN

žDefinisi, Sejarah dan Fungsi Mouse

Mouse, atau “Tetikus” dalam istilah baku Bahasa Indonesia, merupakan salah satu perangkat keras (hardware) dalam sebuah komputer. Fungsinya sebagai alat input utama selain keyboard. Mouse dikategorikan sebagai sebuah pointing Device (alat penunjuk/pemilih). Mouse pertama kali ditemukan oleh Dr. Douglas C. Engelbart dari Stanford Research Insitute pada tahun 1963. Engelbart kemudian mematenkannya pada 17 November 1970, dengan nama penunjuk posisi X-Y untuk sistem tampilan grafis (X-Y Position Indicator For A Display System). žPerkembangan selanjutnya adalah ditemukannya mouse bola oleh Bill English di Xerox PARC pada awal tahun 1970. Mouse optikal pertama dibuat oleh Steve Kirsch dari Mouse Systems Corporation. Mouse jenis ini menggunakan LED dan photo dioda untuk mendeteksi gerakan mouse. žPerkembangan terakrir dari mouse adalah Mouse laser. Mouse laser pertama kali diperkenalkan oleh Logitech yang bekerja sama dengan Agilent Technologies pada tahun 2004, dengan nama Logitech MX 1000.

KOMPONEN PENYUSUN

žTombol kiri dan kanan

Tombol kiri dan kanan ini lazimnya dipergunakan untuk mengeksekusi suatu perintah dengan cara menekan satu kali maupun dua kali.

žBola penggerak

Bola penggerak ini biasanya digunakan pada mouse bola. Fungsinya adalah untuk menggerakkan roda-roda sensor di dalam mouse tersebut.

žScroller

Scroller, atau dalam istilah Bahasa Indonesianya dikenal sebagai “penggulung”, adalah sebuah tombol yang berfungsi untuk menggulung tampilan layar di monitor, baik kearah kiri ataupun kekanan, maupun kearah atas atau bawah.

žKomponen Elektronika

Ketika badan mouse digerakan atau tombol-tombolnya ditekan, komponen elektronika akan memproses input tersebut, kemudian mengirimkan kode – kode digital untuk diproses lagi dan ditindaklanjuti dalam CPU komputer.

žSensor Cahaya

Sensor cahaya merupakan komponen yang mendeteksi gerakan pada mouse yang disesuaikan dengan gerakan kursor di layar monitor.

žKabel USB dan Wireless

Mouse biasa, menggunakan kabel untuk mengirimkan kode-kode digitalnya ke CPU. Akan tetapi, sekarang ini lebih sering digunakan sambungan USB (Universal Serial Bus).

žCasing/Body

Selain berfungsi sebagai pelindung/pembungkus, casing ini juga berfungsi sebagai pegangan tangan kita agar nisa menggerakan mouse dengan baik.

Tinggalkan komentar